Rabu, 02 April 2014

Sejarah Perkembangan Alat Telekomunikasi
A. Televisi
                
                  Televisi merupakan alat penangkap siaran bergambar yang mengalami perkembangan dari tahun ke  
      tahunnya,awal penemuan televisi tidak bisa lepas dari penemuan dasar gelombang elektromagnetik yang 
      ditemukan oleh Joseph Henry dan Michael Faraday (1831) yang merupakan awal dari era komunikasi 
      elektronik.Dalam perkembangannya,penemuan televisi melibatkan banyak pihak baik inovator maupun 
      penemu.Berikut perkembangan televisi dari masa ke masa         :











  • 1876 - George Carey menciptakan selenium camera yang digambarkan dapat membuat seseorang melihat gelombang listrik. Belakangan, Eugen Goldstein menyebut tembakan gelombang sinar dalam tabung hampa itu dinamakan sebagai sinar katoda.   
  • 1884 - Paul Nipkov, Ilmuwan Jerman, berhasil mengirim gambar elektronik menggunakan kepingan logam yang disebut teleskop elektrik dengan resolusi 18 garis.
  • 1888 - Freidrich Reinitzeer, ahli botani Austria, menemukan cairan kristal (liquid crystals), yang kelak menjadi bahan baku pembuatan LCD. Namun LCD baru dikembangkan sebagai layar 60 tahun kemudian. 
  • 1897 - Tabung Sinar Katoda (CRT) pertama diciptakan ilmuwan Jerman, Karl Ferdinand Braun. Ia membuat CRT dengan layar berpendar bila terkena sinar. Inilah yang menjadi dassar televisi layar tabung.  
  •  1900 - Istilah Televisi pertama kali dikemukakan Constatin Perskyl dari Rusia pada acara International Congress of Electricity yang pertama dalam Pameran Teknologi Dunia di Paris.  
  • 1907 - Campbell Swinton dan Boris Rosing dalam percobaan terpisah menggunakan sinar katoda untuk mengirim gambar. 
  •  1927 - Philo T Farnsworth ilmuwan asal Utah, Amerika Serikat mengembangkan televisi modern pertama saat berusia 21 tahun. Gagasannya tentang image dissector tube menjadi dasar kerja televisi. 
  • 1929 - Vladimir Zworykin dari Rusia menyempurnakan tabung katoda yang dinamakan kinescope. Temuannya mengembangkan teknologi yang dimiliki CRT. 
  • 1940 - Peter Goldmark menciptakan televisi warna dengan resolusi mencapai 343 garis. 
  •  1958 - Sebuah karya tulis ilmiah pertama tentang LCD sebagai tampilan dikemukakan Dr. Glenn Brown. 
  • 1964 - Prototipe sel tunggal display Televisi Plasma pertamakali diciptakan Donald Bitzer dan Gene Slottow. Langkah ini dilanjutkan Larry Weber. 
  •  1967 - James Fergason menemukan teknik twisted nematic, layar LCD yang lebih praktis. 
  • 1968 - Layar LCD pertama kali diperkenalkan lembaga RCA yang dipimpin George Heilmeier. 
  • 1975 - Larry Weber dari Universitas Illionis mulai merancang layar plasma berwarna. 
  • 1979 - Para Ilmuwan dari perusahaan Kodak berhasil menciptakan tampilan jenis baru organic light emitting diode (OLED). Sejak itu, mereka terus mengembangkan jenis televisi OLED. Sementara itu, Walter Spear dan Peter Le Comber membuat display warna LCD dari bahan thin film transfer yang ringan. 
  • 1981 - Stasiun televisi Jepang, NHK, mendemonstrasikan teknologi HDTV dengan resolusi mencapai 1.125 garis. 
  • 1987 - Kodak mematenkan temuan OLED sebagai peralatan display pertama kali. 
  • 1995 - Setelah puluhan tahun melakukan penelitian, akhirnya proyek layar plasma Larry Weber selesai. Ia berhasil menciptakan layar plasma yang lebih stabil dan cemerlang. Larry Weber kemudian megadakan riset dengan investasi senilai 26 juta dolar Amerika Serikat dari perusahaan Matsushita.
  •  dekade 2000- Masing masing jenis teknologi layar semakin disempurnakan. Baik LCD, Plasma maupun CRT terus mengeluarkan produk terakhir yang lebih sempurna dari sebelumnya. 
 B. Telepon atau Handphone

                    Penemu sistem telepon genggam yang pertama adalah Martin Cooper, seorang karyawan Motorola pada tanggal 03 April 1973, walaupun banyak disebut-sebut penemu telepon genggam adalah sebuah tim dari salah satu divisi Motorola (divisi tempat Cooper bekerja) dengan model pertama adalah DynaTAC. Ide yang dicetuskan oleh Cooper adalah sebuah alat komunikasi yang kecil dan mudah dibawa bepergian secara fleksibel.
Cooper bersama timnya menghadapi tantangan bagaimana memasukkan semua material elektronik ke dalam alat yang berukuran kecil tersebut untuk pertama kalinya. Namun akhirnya sebuah telepon genggam pertama berhasil diselesaikan dengan total bobot seberat dua kilogram. Untuk memproduksinya, Motorola membutuhkan biaya setara dengan US$1 juta. “Pada tahun 1983, telepon genggam portabel berharga US$4 ribu (Rp36 juta) setara dengan US$10 ribu (Rp90 juta).
            HP pertama kali digunakan di negeri Paman Sam, Amerika, pada tahun 1947. Dan alat canggih ini pun beredar dengan cepat di seluruh dunia. Ini pun bisa terjadi dengan adanya perusahaan-perusahaan besar yang membuat HP sampai sekarang, seperti Nokia, Motorola dan Sony Ericsson.
Teknologi berkembang dari generasi ke-0 sampai generasi ke-4.Berikut gambar perkembangan telepon genggam dari masa ke masa   :
Generasi ke-0
Generasi ke-1
Generasi ke-2
Generasi ke-3
Generasi ke-4
C. Radio
           
               Radio adalah teknologi yang digunakan untuk pengiriman sinyal dengan cara modulasi dan radiasi elektromagnetik (gelombang elektromagnetik). Gelombang ini melintas dan merambat lewat udara dan bisa juga merambat lewat ruang angkasa yang hampa udara, karena gelombang ini tidak memerlukan medium pengangkut (seperti molekul udara). 
              Dasar teori dari perambatan gelombang elektromagnetik pertama kali dijelaskan pada 1873 oleh James Clerk Maxwell dalam papernya di Royal Society mengenai teori dinamika medan elektromagnetik (bahasa Inggris: A dynamical theory of the electromagnetic field), berdasarkan hasil kerja penelitiannya antara 1861 dan 1865.
Sejarah Radio
            Pada 1878 David E. Hughes adalah orang pertama yang mengirimkan dan menerima gelombang radio ketika dia menemukan bahwa keseimbangan induksinya menyebabkan gangguan ke telepon buatannya. Dia mendemonstrasikan penemuannya kepada Royal Society pada 1880 tapi hanya dibilang itu cuma merupakan induksi.
            Adalah Heinrich Rudolf Hertz yang, antara 1886 dan 1888, pertama kali membuktikan teori Maxwell melalui eksperimen, memperagakan bahwa radiasi radio memiliki seluruh properti gelombang (sekarang disebut gelombang Hertzian), dan menemukan bahwa persamaan elektromagnetik dapat diformulasikan ke persamaan turunan partial disebut persamaan gelombang.
Sejarah singkat perkembangan radio       :

  • 1877     : Edison memperkenalkan phonograph   
  • 1895     : Marconi menemukan radio transmitter dan menjadikannya sebuah bisnis
  • 1906     : De Forest menemukan vacuum tube
  • 1920      : Frank Conrad memulai KDKA di Pittsburg
  • 1926      : RCA memulai jaringan radio NBC
  • 1934      : Didirikannya Komisi Komunikasi Federal
  • 1949      : Dimulainya era radio DJ
  • 1970      : Stasiun FM meningkat, mulai terdengar gaungnya dan sudah memiliki audience yang                segmented 
  • 1996      : Perilaku komunikasi menyebabkan banyak radio yang melakukan merger dan kerjasama
  •  2000     : Situs internet Napster diperintahkan untuk mengakhiri saling berbagi file di internet secara bebas
  • 2002      :  Stasiun Radio Web setuju untuk berbagi sebagian keuntungannya untuk para musisi dan label untuk menggunakan hak cipta musik
    Gambar perkembangan radio dari masa ke masa
    D. Komputer
                Perkembangan komputer dari masa ke masa salalu mengalami peningkatan. Pada awalnya komputer
           bukanlah alat yang diciptakan untuk berbagai kegunaan seperti yang kita amati pada zaman sekarang.
           Dulu komputer diciptakan hanya sebagai alat untuk mempermudah dalam penghitungan atau lebih
           mudahnya sebagai mesin hitung matematika. Tetapi seiring dengan perkembangan zaman komputer ini 
           terus berevolusi menjadi mesin serba guna khususnya pada bidang industri dan penelitian.
            Oleh karena itu, kata dasar komputer berasal dari kata “compute” yang berarti menghitung dengan kata lain komputer berati alat penghitung. Komputer pertama kali ditemukan oleh Charles Babbage, kecerdasannya logika matematikanya yang sangat sepesial membuatnya mampu menciptakan sebuah mesin yang dia sebut dengan nama             Analytical Engine pada tahun 1882, sebuah mesin yang berfungsi sebagai alat perhitungan-perhitungan umum.
            Beberapa tahun kemudian munculah John V. Atanasoff dengan komputer rancangannya Atanasoff-Berry Computer (ABC) pada tahun 1937 yang kemudian dianggap resmi menjadi komputer elektronik pertama. selang beberapa tahun kemudian munculah ENIAC ( Electronic Numerical Integrator and Computer) yang di perkenalkan oleh John Mauchly dan J. Presper Eckert. Sebuah mesin yang dibuat oleh kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania. Terdiri dari 18.000 tabung vakum(vacum tube), 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder, komputer tersebut merupakan mesin yang sangat besar yang mengkonsumsi daya sebesar 160kW.
Berikut gambar perkembangan komputer dari generasi ke generasi          :
Komputer generasi 1
 Komputer generasi ke 2
Komputer generasi ke-3 
Komputer generasi ke-4
Komputer generasi ke-5
Komputer generasi ke-6
E. Internet
 
                   Internet pada mulanya adalah adalah sesuatu jenis proyek yang dibentuk dan diciptakan untuk 
       mengatasi keperluan pribadi pada sesuatu negara. tetapi sekarang ini telah jadi halayak umum.
      
 Awal Mula Perkembangan Internet

          Catatan sejarah tentang perkembangan internet pada asal mulanya adalah suatu jenis proyek Dalam        dunia IT, diprakarsai berdirinya oleh ARPA dalam hal pengintegrasian komunikasi yang saling menghubungkan kepentingan ilmu pengetahuan (sains dan militer). Hal in dilatar belakangi oleh perang yang terjadi pada tahun 1957, bersamaan dengan pembuatan suatu sistem yang diberikan fitur layanan paket switching dimana paket switching      ini berguna untuk mengurai/memecahkan kode paket data agar menjadi lebih kecil sehingga           menggunakan sedikit kapasitas dalam hal pengiriman.

          ARPANET pada awal mulanya hanya bisa membuat 4 komputer terhubung, namun dengan berkembangnya ilmu telekomunikasi dan informasi sehingga terdapat banyak instansi seperti kampus yang tertarik untuk mengaplikasikan interkoneksi antar komputer ini maka pengembangan terus berjalan dan berkembang menjadi interkoneksi 10 komputer sekaligus, perkembangan ini terus mengalami penelitian sehingga menjadi yang kita kenal sekarang ini yaitu Website.
                        Perlunya di tambahkan identitas untuk komputer-komputer yang terhubung sehingga melahirkan yang namanya TCP/IP, TCP/IP inilah yang menjadi protokol standar yang disepakati oleh dunia untuk mengintegrasi komputer satu dengan yang lain, Setelah kemunculan TCP/IP muncul pula istilah DNS, DNS adalah sistem yang mengatur agar suatu IP diganti dengan sebuah nama agar mudah untuk di ingat. Perkembangan yang kian cepat dan pesat melahirkan istilah lain yaitu www (World Wide Web) yang diiringi dengan kemunculan situs-situs pelayanan seperti e-mail, online shop, information center dan lain-lain yang terkait dalam sebuat interkoneksi sosial media.
           Banyaknya kebutuhan memaksa internet untuk terus berkembang, keperluan-keperluan manusia yang semakin meningkat dan keinginan untuk mendapatkan fasilitas yang mudah membuat Perkembangan internet terus berjalan, faktor kebutuhan adalah masalah utama yang menjadi faktor penentu berkembangnya internet, salah satu contohnya adalah penggunaan internet bagi seorang untuk mencari bahan dan informasi tentang tugas-tugas sekolah/kampus sehingga melahirkan istilah e-learning, e-learning sudah mulai diterapkan untuk mempermudah proses transfer ilmu dari seorang guru kepada muridnya, menjual sesuatu barang kepada dunia yang tidak tertutup hanya dalam lingkup wilayah pemasaran nyata nya saja, pelayanan jasa melalui internet seperti penyediaan jasa surat menyurat elektronik (e-mail), interaksi sosial media dalam media chating dan berbagai hal lainnya atau untuk beberapa pelaku bisnis mengenalkan product mereka melalui internet.




2 komentar: